Daily Archives: March 24, 2020

Yang Saya Inginkan untuk Menang IBOMA 2020

[Updated on 27 Maret 2020: Ada revisi daftar nominasi. Alhasil ada juga perubahan pilihan pada kategori yang terpengaruh.]

Sejak tahun kemarin, saya baru aware akan adanya penghargaan khusus untuk film-film Indonesia yang pada tahun sebelumnya berhasil menjadi Box Office. Kriteria Box Office sendiri dicukupkan sebagai setidaknya meraih minimal satu juta penonton dalam masa penayangannya. Ajang penghargaan tersebut adalah Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA), yang untuk tahun ini seharusnya terlaksana pada 20 Maret lalu. Sayang, mewabahnya virus Corona di Indonesia membuat orang-orang kini harus menghindari keramaian, salah satunya dengan menunda acara-acara besar.

Pihak IBOMA 2020 telah memilih 10 judul film dari 15 film yang memperoleh minimal satu juta penonton di tahun lalu. Jadi, jangan tanya mengapa tidak ada film-film notable dari tahun lalu lainnya seperti Ratu Ilmu hitam, 27 Steps of May, atau Pretty Boys. Daftarnya beserta banyak penonton yang teraih dapat dilihat pada situs filmindonesia.or.id. Namun, ternyata dari daftar nominasi yang dipublikasikan, hanya tujuh film saja yang mengisi daftar nominasi dari berbagai kategori. Film-film tersebut adalah Imperfect, Dua Garis Biru, Habibie & Ainun 3, My Stupid Boss 2, Perempuan Tanah Jahanam, Keluarga Cemara, dan Gundala.

Continue reading