Daily Archives: October 4, 2020

3 Film Indonesia Terfavorit dari Youtube Selama #DiRumahAja

Terhitung sejak bulan Januari, saya sudah menonton 29 judul berbeda di bioskop. Kini bioskop tak lagi dibuka karena pandemi Covid-19 yang entah kapan akan benar-benar bisa dikendalikan di Indonesia ini. Per April 2020 lalu, alih-alih menonton film ke berbagai layanan seperti Netflix, iflix, dan lainnya, saya malah lebih senang menonton sejumlah film yang ditayangkan secara gratis di Youtube. Beberapa production house seperti Starvision Plus dan Hitmaker Studios pun memiliki inisiatif yang bagus untuk memutar kembali film-film lawas mereka di Youtube (baik permanen maupun hingga jangka waktu tertentu). Bagi saya, ini adalah hikmah karena bisa benar-benar menonton sejumlah film Indonesia lama yang relatif bagus meski ada beberapa adegan yang dihilangkan dari versi aslinya yang pernah ditayangkan di bioskop.

Selama 6 bulan lebih masa pandemi, terhitung 17 film Indonesia yang saya tonton di Youtube secara legal karena disediakan secara cuma-cuma oleh PH masing-masing. Judul-judul seperti Rumah Kentang dari Hitmaker Studios atau Heart dari Starvision Plus tidak masuk dalam hitungan tersebut karena saya sudah pernah menontonnya sebelumnya. Dari ke-17 film tersebut, saya mendapatkan tiga judul terfavorit, yang saya harap dapat ditonton lagi melalui layanan streaming seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Berikut adalah ketiga film Indonesia tersebut diurutkan berdasarkan tanggal ketika saya menontonnya.

Sebagai peringatan, saya mungkin akan menyisipkan beberapa spoiler dari film-film yang akan saya bahas. Jadi, bagi kalian yang menghindari spoiler dari ketiga film ini, kalian cukup tahu judul apa saja yang terfavorit bagi saya dan tak perlu membaca alasan saya menyukainya secara seksama.

Continue reading