Daily Archives: January 2, 2022

6 Film Indonesia Pilihan Sepanjang 2021

Terhitung 43 film Indonesia sempat saya tonton di tahun 2021 lalu dari berbagai sumber, utamanya Disney+ Hotstar, Netflix, dan penayangan reguler di bioskop. Angka yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya mengingat ada waktu tertentu dimana saya cuti menonton film apapun. Di tahun 2021, jujur, banyak kejutan berdatangan dari sejumlah film lokal. Ada yang akhirnya mengambil keputusan untuk tayang di layanan streaming atau ikut tayang di bioskop setelah gagal tayang pada 2020 lalu. Ada yang keliling dunia dan membawa oleh-oleh berupa penghargaan dulu sebelum ditayangkan resmi di negeri sendiri. Ada pula yang merupakan adaptasi sinetron lawas, yang membuat saya berpikir di tahun 2032 nanti kita akan memiliki film berjudul Ikatan Cinta the Movie. Ada juga sajian animasi yang sudah naik kelas. Saya yang semula hanya akan menetapkan 5 film Indonesia pilihan (antara terbaik atau terfavorit) di tulisan ini pun berubah pikiran untuk menambahkan satu entri lagi, menjadi 6 judul.

Sebagai disclaimer, film-film yang akan saya sebutkan di sini, selain yang sempat saya tonton adalah film-film yang ditayangkan secara resmi di tahun kalender 2021. Maka, tidak akan ada beberapa judul yang saya pun belum menontonnya seperti Penyalin Cahaya, Preman, atau Cinta Pertama, Kedua & Ketiga yang baru akan ditayangkan reguler di tahun ini. Maka itu, langsung saja saya persembahkan 6 judul film Indonesia pilihan selama tahun 2021 dengan sebelumnya menyebutkan beberapa judul yang masuk dalam daftar honorable mentions.

Continue reading

5 Film Mancanegara Pilihan Selama 2021

Sepanjang tahun 2021, saya ternyata hanya menonton 27 film luar negeri dengan judul berbeda, 2 diantaranya pun tidak sempat diulas di sini. Jumlah tersebut dikarenakan saya yang memang mengalami masa malas melakukan apapun hampir tiga bulan lamanya, termasuk menonton film. Ditambah lagi, ketika bioskop dibuka kembali, saya tidak langsung menjadi returning customer. Film-film yang saya tonton berasal dari tiga sumber utama: Netflix, Disney+ Hotstar, dan penayangan reguler di bioskop. Jadi saya tentu melewatkan banyak film-film menarik seperti Titane. Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, inilah kelima film pilihan saya sepanjang tahun 2021. Maksud “pilihan” di sini cenderung berarti terfavorit, mungkin juga akan ditafsirkan sebagai yang terbaik. Sebelum itu, mari simak dulu sedikit film yang saya berikan predikat honorable mentions.

Oh iya, mungkin ulasan singkat mengenai setiap film akan mengandung spoiler. Jadi, silakan berhati-hati bagi yang masih menghindari spoiler dari setiap film ya.

Continue reading

4 Episode Series Terfavorit Sepanjang 2021

Sepanjang tahun 2021, blog ini sempat mati suri, kira-kira 7 bulan lamanya. Berbagai artikel ulasan film tak kunjung muncul, pun di dunia nyata saya sempat kehilangan hobi untuk menonton. Demi mengembalikannya, perlahan-lahan saya pun memulai kebiasaan baru pada 2021, yakni mengikuti beberapa series populer. Selain membuat ulasan film, saya pun membuat thread rangkuman dari series yang saya tonton selama 2021 di Twitter.

Continue reading