4 Episode Series Terfavorit Sepanjang 2021

Sepanjang tahun 2021, blog ini sempat mati suri, kira-kira 7 bulan lamanya. Berbagai artikel ulasan film tak kunjung muncul, pun di dunia nyata saya sempat kehilangan hobi untuk menonton. Demi mengembalikannya, perlahan-lahan saya pun memulai kebiasaan baru pada 2021, yakni mengikuti beberapa series populer. Selain membuat ulasan film, saya pun membuat thread rangkuman dari series yang saya tonton selama 2021 di Twitter.

Total 13 judul series keluaran tahun 2021 berbeda yang saya tonton sepanjang tahun lalu, yang berarti ada ratusan episode yang sudah saya tonton. Kali ini, saya akan memyebutkan 4 episode favorit dari berbagai series yang saya tonton pada 2021. Mengapa episode dan bukan series secara keseluruhan? Karena dalam sebuah series, kita tidak selalu senang dengan episode-episode yang dirilis hingga tamat bukan? Ada kalanya sebuah episode mengecewakan, tetapi episode sebelumnya luar biasa menyenangkan. Untuk itu, kita langsung saja bahas episode mana saja yang menjadi favorit saya, mulai dari urutan 4.

4. My Name Episode 1 (Netflix)

Saya tertarik menonton My Name karena penampilan Han So Hee. Setelah perannya sebagai Na-bi dalam Nevertheless, ternyata Han So Hee mengambil peran yang memiliki karakter jauh berbeda dibanding Na-bi, Yoon Jiwoo. Episode pertama dari My Name ini ternyata cukup menarik perhatian ketika Jiwoo sendirian berkelahi dengan ketiga bully di kelasnya. Hasilnya, Jiwoo menang atas mereka yang mengatakan bahwa dirinya adalah anak gembong narkoba. Sungguh pengenalan yang menarik karena kemudian Jiwoo ditunjukkan sebagai putri seorang gangster yang tidak berdaya meski berani melawan orang yang mengganggunya.

3. Hawkeye Episode 3: Echoes (Disney+ Hotstar)

Bagi saya, performa terbaik Hawkeye ada pada pertarungan dengan busur dan anak panah sebelum kemunculan Yelena dan Kingpin. Konfrontasi tersebut ada pada episode ketiga di mana Clint dan Kate belum sepenuhnya solid dan hanya memiliki satu musuh bersama. Bagian paling menyenangkan dari episode ini tentu perkenalan ulang penonton dengan aneka panah dari Hawkeye yang disajikan cukup seru. Baik penonton maupun Kate tidak akan tahu efek dari setiap panah yang dilontarkan sampai menancap ke sasarannya. Jangankan penonton, Kate pun akan kaget melihat efek semua anak panah milik Clint.

2. What If… Ultron Won? (What If? Episode 8, Disney+ Hotstar)

Dalam What If? kita akan melihat nasib para Avengers di universe lain, yang cenderung membosankan, tidak ada yang begitu istimewa. Namun, di episode kedelapan, kita akan melihat di salah satu universe ternyata Ultron berhasil mendapatkan tubuh milik Vision dan mengalahkan para Avengers. Ultron yang kita kenal sejak The Avengers: Age of Ultron (2015) ternyata menjadi begitu tak terkalahkan ketika memiliki tubuh Vision dan mind stone di dalamnya. Ultron menjadi makin berkuasa setelah mendapatkan kelima infinity stone yang dipegang Thanos, membuatnya menjadi salah satu villain paling mengerikan di MCU, Infinity Ultron. Alternatif cerita yang gila, karena di mata Infinity Ultron, tokoh-tokoh seperti Thanos, Ego the planet, dan Captain Marvel pun tidak ada harga dirinya.

1. Squid Game Episode 6: Gganbu (Netflix)

Pada salah satu series terfenomenal di 2021, Squid Game, episode keenam lah yang memberikan pengalaman menonton paling campur aduk. Mula-mula kita dikejutkan dengan aturan permainan yang mengharuskan setiap pasangan pemain untuk saling bersaing dalam permainan kelereng. Akhirnya, kita akan dibuat sedih karena di episode kali ini kita kehilangan cukup banyak karakter yang menarik. Melalui Sang-Woo, kita akan melihat sifat manusia yang paling realistis kala menghindari ajal. Tidak salah juga apabila kita menganggap yang dilakukannya adalah alegori dari tipu daya bisnis. Kita pun akan mendapatkan untold story dari Sae-byeok dan Ji-yeong yang menjadi akrab dalam 30 menit, dimana keduanya langsung berpisah. Perpisahan lain yang mengharukan adalah antara Gi-hun dan Il-Nam (meski kelak kita tahu bahwa Il-Nam masih hidup saat itu) dimana Gi-hun masih menyesal karena sempat mencuranginya. Siapa sangka pula di antara para karakter utama, Deok-Su lah (salah satu karakter paling hate-able) yang benar-benar dapat menyelesaikan permainan ini secara normal.

Leave a comment