Daily Archives: March 14, 2020

Review Film The Closet

Satu lagi cerita horor yang melibatkan anak kecil.

The Closet menambah daftar film horor yang menceritakan anak kecil yang berinteraksi dengan sosok yang mengerikan. Semula, saya kira kata “closet” yang dijadikan judul film merujuk pada tempat untuk buang air. Namun, maksud sebenarnya adalah lemari pakaian yang pada film ini dijadikan portal antara dua dunia. Maka kebingungan saya pun terjawab ketika menanyakan hubungan objek yang sempat digunakan untuk suatu ritual pada awal film (yakni closet toilet) dengan cerita pada film secara keseluruhan.

Film dimulai dengan menunjukkan video ritual yang dilakukan seorang wanita. Entah ia melakukannya untuk apa, pada akhirnya ia tewas berkat sesuatu yang tak terlihat. Maju beberapa tahun, kita menyaksikan tokoh utama, Sang-won dalam perjalanan menuju rumah barunya bersama anaknya, Ina. Sang-won terpaksa mengurus anaknya sendirian pasca kematian istrinya karena kecelakaan. Ditambah lagi, ia masih suka mengalami panic attack akan kecelakaan itu dan belum terlalu akrab dengan sang anak. Sang-won tampak lebih memperhatikan pekerjaannya dibanding quality time bersama Ina. Di rumah barunya, tepatnya di kamarnya, Ina bertemu sosok anak kecil dan berteman dengannya. Tentu Ina merasa punya teman baru dan memilih untuk ikut sosok tersebut ke alam yang tidak diketahui, menghilang di rumahnya sendiri.

Continue reading

Review Film Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Lagi-lagi film adaptasi Wattpad

Aku Tahu Kapan Kamu Mati langsung dibuka dengan sebuah adegan situasi komedi ketika seorang pasien di rumah sakit mengalami mati suri. Ya, mati suri. Itulah yang terjadi pada Siena (Natasha Wilona), yang membuat ketiga temannya ketakutan ketika ia kembali ke asramanya. Ketiga temannya itu adalah Flo (Ria Ricis), Neni (Fitria Rasyidi), dan Vina (Ryma Karimah) yang baru mendapat kabar bahwa sahabat mereka itu telah meninggal dunia. Kabar mati surinya Siena tentu menjadi buah bibir di sekolahnya. Brama (Al Ghazali), siswa yang menyukai Siena, senang bahwa Siena kembali hidup lagi. Lain dengan reaksi Denisa (Sonia Alexa), mantan pacar Brama, yang tidak menyukai kembalinya Siena karena merasa Siena telah merebut Brama darinya.

Siena tidak hanya mengalami tekanan dari Denisa pasca mati surinya. Baik di sekolah maupun di asrama, ia beberapa kali melihat penampakan arwah. Bersamaan dengan penampakan yang ia lihat, satu persatu kematian terjadi. Siena pun menganggap bahwa setiap kali ia melihat penampakan, maka ada orang lain yang akan mati dalam waktu dekat. Tentu para sahabatnya tidak begitu saja percaya dan malah menganggap Siena aneh. Ia pun mulai cemas ketika ia melihat arwah yang mengikuti Brama, memberi ia firasat akan kematian Brama.

Continue reading