Monthly Archives: September 2020

Review Film Rentang Kisah

Film tentang mahasiswi yang kuliah di luar negeri tetapi tidak jelas ingin berpesan tentang apa.

Mari kita sambut film Indonesia kedua yang tayang secara eksklusif di aplikasi Disney+ Hotstar, Rentang Kisah. Film garapan Falcon Pictures ini diangkat dari novel laris karya Gita Savitri Dewi (Gitasav) yang menceritakan pengalamannya selama tinggal di luar negeri. Saya belum membaca novelnya, tetapi merasa bahwa film adaptasi ini tak memiliki visi utama dalam bercerita. Melalui film ini Gita mencoba untuk menyebar inspirasi, tetapi jatuhnya film ini malah menjadi visualisasi buku harian biasa dari seorang mahasiswi. Mengapa?

Continue reading

Review Film Sabar Ini Ujian

Mari sambut film Indonesia eksklusif pertama di platform Disney+ Hotstar

Perilisan aplikasi Disney+ Hotstar pada awal September lalu memberikan angin segar bagi para pelaku industri film Indonesia di tengah pandemi ini. Ketika bioskop batal dibuka kembali, mereka memiliki pilihan yang semakin banyak untuk menyimpan karya mereka agar segera dapat ditonton banyak orang. Salah satu film Indonesia yang eksklusif tayaang di platform tersebut adalah Sabar Ini Ujian. Film ini bukan hanya film Indonesia pertama yang diberikan titel “Hotstar Originals” tetapi juga film Indonesia pertama yang menggunakan konsep time loop dalam ceritanya. Maksudnya, sang tokoh utama akan terjebak dalam periode waktu yang berulang dan harus mencari tahu apa penyebabnya dan cara untuk mengakhiri loop yang ia alami.

Continue reading

Review Film Bad Genius (2017)

Ketika aksi contek-mencontek dibuat semenegangkan aksi perampokan

Sebagian besar kita pasti pernah menyaksikan atau terlibat langsung dengan praktik “kerja sama” ketika masa ujian akhir. Praktik jual beli kunci jawaban atau saling berbagi kode jari sebagai simbol jawaban soal pilihan ganda adalah suatu memori yang akan diingat kita yang pernah terlibat ketika menonton Bad Genius (2017). Hanya saja, modus operandi yang (sebagian dari) kita lakukan saat sekolah dulu tidak ada apa-apanya dibandingkan apa yang dilakukan sang pemeran utama di setiap ujian yang ia lalui. Bukan suatu hal yang berlebihan juga jika saya mengatakan bahwa Nattawut Poonpiriya sukses menyajikan adegan mengerjakan ujian rasa aksi perampokan brankas bank dengan sistem keamanan berstandar internasional.

Continue reading

Review Film Love Story (2011)

Mari kita saksikan film terakhir Acha bersama Irwansyah

Love Story (2011) adalah film terakhir yang manyandingkan Acha Septriasa dan Irwansyah setelah Heart (2006) dan Love is Cinta (2007). Dilihat dari latar waktu dan tempatnya, dapat dikatakan bahwa film ini adalah prequel dari kedua film yang ditayangkan lebih dulu tersebut. Sama-sama disutradarai oleh Hanny R. Saputra, dapat saya katakan bahwa film ini adalah yang paling mengharukan dibanding kedua pendahulunya meski cerita didalamnya laagi-lagi kurang didasari logika yang kuat.

Continue reading

Review Film This Is Cinta (2015)

Ternyata film ini belum terdaftar di IMDb

Saya benar-benar ingat sekitar 14 tahun yang lalu film Heart (2006) menjadi sebuah fenomena di Indonesia. Pada saat itu hubungan Acha Septriasa dan Irwansyah menjadi relationship goal bagi para penontonnya, soundtrack yang mereka bawakan juga sering diperdengarkan di mana-mana. Kesuksesan film tersebut akhirnya melahirkan versi sinetron dari filmnya yang fokus menceritakan Farel dan Rachel yang sudah bersahabat sejak kecil. Tokoh Rachel diperankan oleh Yuki Kato meski pada versi filmnya Rachel kecil diperankan oleh Rachel Amanda. Sembilan tahun kemudian, ternyata karakter Farel dan Rachel yang fenomenal dipertemukan kembali dalam drama garapan Sony Gaokasak yang berjudul This is Cinta (2015).

Continue reading