Daily Archives: January 20, 2022

Review Film Penyalin Cahaya

Film terironis tahun 2022

Sejak menyabet 12 penghargaan dalam Festival Film Indonesia (FFI) tahun lalu, Penyalin Cahaya senantiasa membuat saya penasaran. Sebagus apa sih karya yang menjadi debut film panjang dari Wregas Bhanuteja ini? Ketika ditayangkan di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) tahun lalu pun, film ini mendapatkan respon yang sangat positif, meningkatkan rasa penasaran saya. Sayangnya, film yang mengangkat isu kekerasan seksual ini terbentur sebuah kontroversi pada 3 hari sebelum perilisannya di Netflix. Diketahui, salah satu penulis skenarionya pernah terlibat kasus kekerasan seksual, membuat namanya dicoret dari credit film. Ragam reaksi pun muncul terhadap ironi tersebut, karena pasti ada perasaan tidak enak kepada korban ketika menonton film ini. Ketika mengetahui berita tersebut, sikap yang saya ambil adalah untuk tetap menanti film ini, tetap mencoba menontonnya secara objektif.

Sebagai disclaimer, sejak saya akhirnya menonton filmnya hingga menulis ulasan ini, saya sejenak memisahkan kasus yang dilakukan sang penulis dengan karyanya ini. Aspek yang akan saya bahas pun murni tentang kelebihan dan kekurangan dari filmnya. Meski demikian, saya akan sedikit memberikan pandangan saya terhadap kontroversi yang menimpa film ini. Karena setelah menonton film ini hingga selesai, pasti ada rasa yang tidak enak ketika merefleksikan yang dialami korban pada film dan dunia nyata.

Continue reading