Daily Archives: January 2, 2023

10 Film Indonesia 2022 Pilihan

Tak terduga di tahun 2022 kemarin saya sempat menonton 66 judul film baru dari Indonesia. Yang artinya, setiap dua bulan, rata-rata saya menonton 11 judul yang berbeda. Semua film yang saya tonton tersebut ditayangkan di bioskop Indonesia atau dirilis pada streaming platform per tahun kalender 2022. Tulisan ini akan merekap daftar film-film terbaik dan terfavorit (maka akan begitu subjektif) versi saya. Urutan lengkap yang memuat semua film yang saya tonton dapat dilihat pada halaman Letterboxd berikut. Tentu pembahasan setiap singkat berpotensi mengandung spoiler, jadi berhati-hatilah dalam membacanya.

Continue reading

10 Film Mancanegara 2022 Pilihan

Tulisan ini akan merekap 10 film pilihan yang berasal dari luar Indonesia, yang sempat saya tonton sepanjang tahun 2022 lalu dari berbagai sumber. Ada 62 judul yang masuk ke jaringan bioskop Indonesia atau dapat dinikmati di berbagai streaming platform per tahun kalender 2022. Jumlah tersebut tidak termasuk tayangan spesial atau dokumenter seperti The Tinder Swindler yang pada awal tahun lalu sempat menjadi tontonan yang trending. Urutan lengkap film mancanegara terbaik hingga terburuk versi saya dapat dilihat pada halaman Letterboxd berikut. Sebagai disclaimer, film-film yang akan saya sebutkan terurut mundur berdasarkan preferensi pribadi saja. Bisa dibilang, pertengahan antara terbaik dan favorit. Jika ada film yang relatif bagus tapi tidak ada dalam daftar ini, kemungkinan besar karena saya memang belum menontonnya. Atau, filmnya memang kalah bagus menurut subjektivitas saya.

Seperti biasa, penjelasan mengapa sebuah film saya taruh di urutan tertentu akan mengandung spoiler. Jadi, pembaca yang masih menghindari spoiler mohon untuk berhati-hati.

Continue reading